Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Basarnas Beli Helikopter Buatan Italia untuk Tingkatkan Kemampuan Operasi

Rabu, 10 Juni 2015 – 05:30 WIB
Basarnas Beli Helikopter Buatan Italia untuk Tingkatkan Kemampuan Operasi - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) baru saja membeli helikopter AW139 di Milan, Italia. Kepala Basarnas Marsdya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan pembelian produk AgustaWestland itu sebagai upaya untuk meningkatkan layanan operasi yang efektif, efisien, cepat, handal dan aman.

AW139 merupakan helikopter menengah bermesin ganda yang dilengkapi rescue hoist, radar, cabin console, serta peralatan SAR lainnya. "Helikopter tipe ini sangat cocok untuk medan atau daerah yang sulit dijangkau. Helikopter ini telah digunakan dalam operasi sipil dan militer di banyak negara," ujar Bambang di kantornya, Jakarta, Selasa (9/6).

Nantinya, helikopter AW139 itu akan digunakan untuk operasi search and rescue (SAR) di wilayah pegunungan dengan ketinggian di atas 11 ribu kaki. Dengan adanya helikopter AW139, kata Bambang, kekuatan dan kemampuan Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR semakin meningkat.

Sementara Senior Vice Presiden International Sales Goverment AgustaWestland, Gianfranco Sottoteti mengatakan, heli AW139 memiliki kemampuan yang sangat baik, termasuk ketika satu mesin tidak beroperasi. Heli itu juga mampu beroperasi lingkungan yang ekstrim.

"Heli AW139 memiliki bentuk yang besar, dengan kabin serbaguna yang dapat dikonfigurasi dalam berbagai layout, dengan akomodasi untuk perawatan medis dan evakuasi korban. Pintu geser di setiap sisi kabin menyediakan akses yang luas untuk korban dan tandu," jelasnya.(chi/jpnn)

JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) baru saja membeli helikopter AW139 di Milan, Italia. Kepala Basarnas Marsdya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA