Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Batu Cincin Samudera Pasai Diincar Kolektor

Senin, 26 November 2012 – 08:40 WIB
Batu Cincin Samudera Pasai Diincar Kolektor - JPNN.COM
LHOKSEUMAWE - Bebatuan yang ada di sekitar kawasan sisa Kerajaan Samudera Pasai di Desa Beuringen,  Samudera, Aceh Utara, kini menjadi incaran kolektor batu mulia dari luar daerah terutama Pulau Jawa, karena dianggap memiliki khas tersendiri dibandingkan  batu mulia dari dari tempat lain.

Seperti yang diungkapkan Sayed seorang kolektor dan pedagang batu mulia asal Desa Mee Kemukiman Kandang, Lhokseumawe, kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Minggu (25/11), selama ini selain mengincar benda bersejarah peninggalan Malikussaleh,  para kolektor itu juga mengincar batu mulai yang banyak tertimbun di kawasan tambak di desa itu.

“Mereka selama ini menilai batuan disana banyak mengandung unsur mistis dan corak nya juga sangat indah. Saya juga sudah banyak mengkoleksi batu-batu Samudera Pasai untuk saya jual dengan harga mencapai puluhan juta,” kata Sayed yang juga pelukis dan kartunis.

Menurutnya, selain kolektor, ada juga paranormal alias dukun melakukan kegiatan ghaib di kawasan tersebut, kabarnya mereka mencari harta karun peninggalan kerajaan yang diyakini masih  tertanam dalam tanah. Namun sejauh ini ia dan bersama rekannya belum tahu apakah harta itu telah ditemukan atau tidak.

LHOKSEUMAWE - Bebatuan yang ada di sekitar kawasan sisa Kerajaan Samudera Pasai di Desa Beuringen,  Samudera, Aceh Utara, kini menjadi incaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA