Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bawang Putih

Oleh: Dahlan Iskan

Jumat, 15 Maret 2024 – 07:28 WIB
Bawang Putih - JPNN.COM
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - SAYA tinggal pergi ke Buraydah sebentar saja, Donald Trump sudah melejit begitu jauh: sudah memastikan diri jadi calon presiden dari Partai Republik.

Anda sudah lebih dulu tahu: Selasa lalu Trump memperoleh suara melebihi batas minimal: 1.215. Dia sudah dapat 1.240 lebih.

Terakhir didapat dari empat negara bagian: Washington, Hawaii, Mississippi dan Georgia.

Seru. Rematch: lawan Joe Biden lagi. Kali ini semua jajak pendapat sama: Trump unggul jauh. Biden dianggap terlalu tua. Slow. Kalau dia terpilih umurnya sudah 86 saat mengakhiri masa jabatan kelak.

Trump juga tua. Tetapi lebih kelihatan "jagoan", lambang arogansi Amerika.

Sebenarnya, tua-tua, Biden hebat. Hasil kerjanya yang paling nyata: Biden bisa menghindarkan Amerika dari resesi ekonomi –membalik ramalan sebagian besar ahli ekonomi
.
Menjelang Pemilu November depan, Biden juga akan mengandalkan "bansos": dia berhasil mendapat persetujuan parlemen untuk proyek pembangunan yang merata di semua negara bagian. Terutama wilayah yang dia kalah di Pemilu lalu.

Baca Juga:

Inilah proyek terbesar, terbanyak, dan termerata. Mulai membangun jembatan, perbaikan jalan sampai rehabilitasi banyak bandara.

Trump pernah "ngomel" bahwa infrastruktur di Amerika sudah seperti di negara berkembang –dengan nada iri atas apa yang dilakukan Tiongkok.

Amerika pun akan berubah arah lagi. Perubahan yang menyenangkan, mungkin, perang di Ukraina langsung selesai. TikTok boleh lagi beroperasi di Amerika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close