Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BAZNAS Luncurkan Program Beasiswa Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024

Selasa, 23 Juli 2024 – 20:02 WIB
BAZNAS Luncurkan Program Beasiswa Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024 - JPNN.COM
BAZNAS meluncurkan program beasiswa dalam negeri dan Mahad Aly 2024, bekerja sama dengan 162 kampus. Foto: dok. Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Program Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024, yang bekerja sama dengan 162 kampus di Indonesia, resmi diluncurkan.

BCB menyediakan dana pendidikan kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus-kampus perguruan tinggi mitra BAZNAS.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah memiliki 113 mitra kampus dalam negeri dan 49 mitra kampus Mahad Aly yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Program tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Agama RI KH. Yaqut Cholil Qoumas, bersama Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Wakil Ketua BAZNAS RI, H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP, serta jajaran Pimpinan BAZNAS RI, di Gedung Kemenag RI, Jakarta, Selasa, (23/7).

Dalam sambutannya, Kiai Noor menyatakan bahwa BCB merupakan program andalan BAZNAS, karena melalui program beasiswa pendidikan dapat mempercepat perubahan secara signifikan dari mustahik (penerima manfaat) zakat menjadi muzaki (pembayar zakat).

"Dalam kajian kami, hanya dengan beasiswa inilah yang paling cepat untuk mengubah yang semula mustahik menjadi muzaki, mungkin hanya dalam waktu lima tahun, paling tinggi-tingginya delapan tahun, mereka keluar kemudian bekerja. Itu berarti sudah menjadi muzaki, paling tidak munfik atau mutashoddiq," kata Kiai Noor.

Kiai Noor mengungkapkan, saat ini sudah ada 3.552 alumni program beasiswa BAZNAS dan sebagian telah bekerja menjadi ASN, di perusahaan-perusahaan swasta, ada juga yang menjadi dokter, dan ada yang bekerja di NGO.

BAZNAS tidak hanya memberikan beasiswa bagi mahasiswa aktif. Pada tahun ini BAZNAS juga memberikan bantuan beasiswa untuk 7.418 santri calon mahasiswa yang sedang melakukan persiapan untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi favorit.

BAZNAS meluncurkan program beasiswa dalam negeri dan Mahad Aly 2024, bekerja sama dengan 162 kampus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA