Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BBM RON Rendah Sangat Berisiko Bagi Mesin Kendaraan

Selasa, 29 September 2020 – 22:10 WIB
BBM RON Rendah Sangat Berisiko Bagi Mesin Kendaraan - JPNN.COM
Ilustrasi pengisisan BBM ke kendaraan. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ahli motor bakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Iman K. Reksowardojo menyoroti penggunaan bahan bakar minyak (BBM) RON rendah yang sangat berisiko bagi mesin.

Mulai dari menurunkan performa/unjuk kerja (daya, efisensi), memburuknya emisi gas buang, kendaraan bermotor, membuat mesin mengelitik (knocking), bahkan sampai risiko terburuk yaitu ruang bakar berlubang.

“Knocking inilah yang harus dihindari karena bisa merusak mesin, membuat piston berlubang, dan menurunkan efisiensi dan menaikan emisi gas buang,” kata Iman.

Secara termodinamika, knocking terjadi karena BBM RON rendah tidak tahan terhadap tekanan atau temperatur tinggi. Akibatnya, BBM bisa terbakar sebelum waktunya dinyalakan oleh api dari busi.

“Dan pembakaran yang terjadi bukan dari busi itulah yang disebut knocking. Kondisi ini yang terjadi pada BBM RON rendah, dan sangat merusak mesin karena temperatur dan tekanan yang sangat tinggi," serunya.

Hal itulah, lanjut Iman, yang membedakan dengan BBM RON tinggi, 92 ke atas. BBM RON tinggi tersebut tahan terhadap temperatur dan tekanan tinggi, untuk tidak menyala dengan sendirinya.

“Pembakaran yang terjadi hanya dari berasal api busi, bukan karena temperatur dan tekanan yang tinggi yang berasal bukan dari busi,” seru Iman.

Semakin tinggi angka oktan, yang dicerminkan dari RON BBM, akan semakin baik pula kualitas BBM.

Semakin tinggi angka oktan, yang dicerminkan dari RON BBM, maka akan semakin baik pula kualitas BBM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close