Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Amankan Jutaan Batang Rokok Ilegal di Berbagai Daerah

Jumat, 05 Maret 2021 – 19:04 WIB
Bea Cukai Amankan Jutaan Batang Rokok Ilegal di Berbagai Daerah - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Bea Cukai di berbagai daerah kembali menggagalkan penyelundupan jutaan batang rokok ilegal melalui kegiatan operasi pasar.

Hal ini dilakukan Bea Cukai secara kontinu dalam rangka pengawasan dan upaya mengamankan penerimaan negara dari sektor cukai.

Beberapa kantor Bea Cukai yang kali ini menggalakkan operasi pasar di antaranya, Bea Cukai Bandung, Bea Cukai Wilayah Sumatera Bagian Timur, Bea Cukai Meulaboh, Bea Cukai Malili, dan Bea Cukai Pontianak.

"Hal-hal yang menjadi atensi pengawasan kami adalah rokok tanpa dilekati pita cukai, dilekati pita cukai palsu, dilekati pita cukai bekas pakai, dilekati pita cukai yang bukan haknya, dan dilekati pita cukai yang tidak sesuai peruntukannya,” ungkap Plt. Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Jumat (5/3).

Bea Cukai Bandung terhitung mulai bulan Januari hingga pengujung bulan Februari 2021 telah melakukan penindakan rokok ilegal sebanyak 456 kali dengan potensi kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 554.010.790.

Adapun jumlah batang rokok yang berhasil ditindak mencapai 1.082.454 batang rokok ilegal yang dikemas dengan berbagai macam merek dan berasal dari berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Hatta mengungkapkan, salah satu penindakan dilakukan Bea Cukai Bandung dengan memanfaatkan inovasi mobil X-Ray dari kantor pusat serta peran kerja sama jasa ekspedisi di wilayah Bandung Raya dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal, yang berhasil menindak sebanyak 635.866 batang rokok ilegal.

Sementara itu, giat operasi pasar oleh Kanwil Bea Cukai Sumbagtim telah berhasil melakukan penindakan terhadap 660.760 batang rokok ilegal.

Salah satu penindakan dilakukan Bea Cukai Bandung dengan memanfaatkan inovasi mobil X-Ray.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close