Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Banten Musnahkan Ribuan Miras, Rokok dan Liquid Vape

Kamis, 28 November 2019 – 21:09 WIB
Bea Cukai Banten Musnahkan Ribuan Miras, Rokok dan Liquid Vape - JPNN.COM
Bea Cukai Banten memusnahkan barang sitaan. Foto: Radar Banten

jpnn.com, CILEGON - Kanwil Bea Cukai Banten, Kantor Bea Cukai Merak, dan Kantor Bea Cukai Tangerang memusnahkan 4.474 botol miras impor dan 2.029,80 liter minuman keras (miras) jenis ciu di Pelabuhan Peti Kemas Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (28/11).

Selain miras, dalam kesempatan itu, Bea Cukai pun memusnahkan 3.066.208 batang rokok, 101,70 liter liquid vape, dan 1,10 liter essence liquid vape.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten Mohammad Aflah Farobi menjelaskan, miras, rokok, dan liquid itu merupakan barang sitaan hasil 77 penindakan atas pelanggaran UU Cukai di tahun ini.

“Nilai barang hasil penindakan yang dimusnahkan sebesar Rp 3,16 miliar. Potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 4,45 miliar, serta kerugian imaterial berupa gangguan kesehatan, ketertiban, dan keamanan,” ujarnya usai proses pemusnahan.

Sebelum pemusnahan, Kanwil Bea Cukai Banten, Kantor Bea Cukai Merak, dan Kantor Bea Cukai Tangerang telah berkomunikasi dengan Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Banten, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Serang, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang II atas barang milik negara eks penindakan tersebut untuk dimusnahkan.

Proses pemusnahan dilakukan dengan cara digilas menggunakan alat berat. Sedangkan rokok ilegal sebagian dimusnahkan dengan cara dibakar. (bayu mulyana)

Selain miras, Bea Cukai juga memusnahkan 3.066.208 batang rokok, 101,70 liter liquid vape, dan 1,10 liter essence liquid vape.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close