Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai dan Polairud Perkuat Patroli Laut di Sejumlah Wilayah

Selasa, 10 November 2020 – 12:45 WIB
Bea Cukai dan Polairud Perkuat Patroli Laut di Sejumlah Wilayah - JPNN.COM
Patroli gabungan Bea Cukai dan Polairud. Foto: dok/Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memperkuat kerja sama dengan Korps Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan (Korpolairud Baharkam) Polri, dalam menjalankan tugas pengawasan terkait patroli dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai di laut.

Sinergitas ini merupakan tindak lanjut penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Jenderal Bea dan Cukai dengan Kabaharkam Polri tentang Peningkatan Sinergitas Tugas Operasional dan Sumber Daya dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi pada tanggal 24 Agustus 2020.

Salah satu bentuk sinergi antara Bea Cukai dan Polairud ialah pertemuan antara Komandan Satuan Tugas Patroli Laut Jaring Wallacea Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Khusus Papua Nugroho Aji Haryanto dengan Dirpolairud Polda Papua Kombes Pol Kasmolan pada Senin (2/11).

Pertemuan itu merupakan pengejawantahan perjanjian kerja kedua pihak yang telah menyepakati untuk bersama-sama menyatukan sumber daya, melakukan upaya secara bersama-sama, serta saling bertukar informasi dalam melaksanakan tugas fungsi kepabeanan dan kepolisian.

"Dengan menyatukan kekuatan dan informasi diharapkan dapat menutupi setiap kelemahan yang dimiliki dengan cara menggunakan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki masing-masing pihak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil kegiatan kedua belah pihak, baik Bea Cukai maupun Ditpolairud,” jelas Nugroho.

Menurut Nugroho, pihaknya tetap melaksanakan patroli laut di wilayah timur Indonesia, meski di tengah masa pandemi Covid-19. Dia juga sempat mengunjungi dermaga baru dan armada milik Ditpolairud.

"Kami akan terus mengawasi area perairan rawan pelanggaran kepabeanan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kami berharap peningkatan kerja sama dan penguatan sinergi ini, membuat penegakan hukum tetap terjaga erat dan berkesinambungan, guna melindungi rakyat serta mendorong perekonomian Indonesia,” tutur Nugroho.

Tak hanya berbentuk pertemuan, Bea Cukai Aceh dan Polairud juga melakukan kerja sama dalam pelaksanaan apel bersama dan patroli gabungan dengan Ditpolairud Polda Aceh, Senin (2/11), di dermaga pelabuhan Kuala Langsa.

Bea Cukai dan Polairud di sejumlah wilayah perkuat pengawasan melalui patroli gabungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close