Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai dan Polri Perkuat Sinergi Pengawasan

Rabu, 18 Maret 2020 – 20:44 WIB
Bea Cukai dan Polri Perkuat Sinergi Pengawasan - JPNN.COM
Bea Cukai dan Polri terus menjalin kerja sama untuk pengawasan kepabeanan. Foto: dari Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai dan Polri memperkuat koordinasi dan sinergi melalui berbagai pertemuan untuk membahas strategi kedua instansi terkait pengawasan di berbagai lini.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi memaparkan, strategi pengawasan Bea Cukai di hadapan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto beserta para peserta Rapat Kerja Teknis Baharkam Polri Tahun 2020 di Pusdik Sabhara, Porong, Sidoarjo, Selasa (10/3) lalu.

Heru menyampaikan strategi kerja sama dalam pengawasan perairan yang dipandu oleh Kepala Korps Polairud Baharkam Polri Irjen Pol Lotharia Latif. Dalam pemaparannya, Heru menjelaskan berbagai risiko dalam pelaksanaan tugas di lapangan, salah satunya adalah banyaknya pelabuhan tikus yang ada di Indonesia sehingga dibutuhkan sinergi dan kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia.

“Di level operasional, telah banyak kegiatan yang kita lakukan secara bersama-sama, seperti kerja sama di Kanwil Khusus Tanjung Balai Karimun dengan Polda Kepri, kemudian Kanwil Sumatera Bagian Timur dengan Polda Sumsel, Kanwil Sulbagsel dengan Polda Sulsel, Kanwil Maluku dengan Polda Maluku dan banyak lagi sinergi yang telah dilakukan bersama Polri,” ujarnya.

Menurut Heru, Bea Cukai ingin mengusulkan adanya intergrasi data dari instansi terkait. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam pengawasan di laut, termasuk penindakan yang dilakukan secara bersama-sama.

Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri Irjen Pol. Lotharia Latif juga menegaskan bahwa beberapa kasus yang berhasil diungkap hingga ke pengadilan merupakan hasil kerja sama dan koordinasi dengan Bea Cukai.

“Kami menyadari bahwa tidak bisa bekerja sendiri, tugas-tugas Polri ini salah satu keberhasilannya adalah kerja sama dengan rekan-rekan di Bea Cukai,” tegasnya.

Selain itu, strategi pengawasan juga dibahas langsung oleh Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin SItumorang, bersama Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar, Senin (16/3).

Bea Cukai dan Polri sama-sama menyadari mereka tidak bisa kerja sendiri-sendiri dalam pengawasan kepabeanan dan cukai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close