Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Bea Cukai Tembilahan dan Polairud Inhil Perkuat Pengawasan di Perairan

Selasa, 27 Oktober 2020 – 19:29 WIB
Bea Cukai Tembilahan dan Polairud Inhil Perkuat Pengawasan di Perairan - JPNN.COM
Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan Ari Wibawa Yusuf bersama jajaran Polairud setempat. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, TEMBILAHAN - Bea Cukai Tembilahan Provinsi Riau bekerja sama dengan Polairud Resort Indragiri Hilir dalam melakukan pengamanan dan pengawasan wilayah perairan setempat.

Sinergitas itu dilakukan guna membangun komunikasi dan kerja sama dalam melaksanakan pengawasan daerah pabean.

Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan Ari Wibawa Yusuf mengatakan sebagai negara maritim dengan luasnya laut dan banyaknya pulau yang terhampar, Indonesia membutuhkan pengawasan laut yang optimal.

Pengawasan itu salah satunya dilaksanakan Bea Cukai yang memiliki unit patroli laut dan memiliki fungsi organisasi sebagai community protector.

Patroli laut Bea Cukai sebagai penjaga pintu gerbang Indonesia, khususnya dalam lalu lintas barang dilakukan agar iklim usaha yang ada di dalam negeri tetap sehat.

"Hal itu menjadikan patroli laut Bea Cukai sebagai tulang punggung Indonesia dalam mengawasi perdagangan internasional," ujar Ari Wibawa dalam keterangan yang diterima pada Selasa (27/10).

Untuk melaksanakan pengawasan tersebut juga dibutuhkan kerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya. Hal ini tertuang dalam Kerja Sama Peningkatan Sinergi Tugas Operasional dan Sumber Daya dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi oleh Bea Cukai, dengan Baharkam Polri yang bertujuan untuk menjaga keamanan perairan Indonesia secara bersama-sama.

Dengan kerja sama itu, kara Ari, diharapkan dapat terciptanya kesinambungan dalam bersinergi dan berkomunikasi guna melindungi sektor industri dari pemasukkan barang ilegal.

loading...