Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Alur Pemeriksaan Barang yang Dikirim PMI ke Indonesia via TPS Bea Cukai

Selasa, 12 September 2023 – 13:43 WIB
Begini Alur Pemeriksaan Barang yang Dikirim PMI ke Indonesia via TPS Bea Cukai - JPNN.COM
Bea Cukai Tanjung Perak mengungkapkan proses pemeriksaan barang yang dikirim oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri ke Indonesia di TPS Bea Cukai Indra Jaya Swastika, Surabaya, Selasa (12/9). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai Tanjung Perak mengungkapkan proses pemeriksaan barang yang dikirim oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri ke Indonesia.

Pemeriksa Bea Cukai Pertama KPP Bea Cukai Tanjung Perak, Eko Setiawan menjelaskan barang-barang yang dikirim dari luar negeri itu setiba di Pelabuhan Tanjung Perak akan dikirim langsung ke Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di PT Indra Jaya Swastika (IJS).

"Jadi, semua barang kiriman dari luar negeri yang tiba dari Pelabuhan akan dikirimkan ke TPS ini dulu ya," tuturnya di Surabaya, Selasa (12/9).

Dia menjelaskan setelah barang dari luar negeri itu tiba di pelabuhan, maka akan diteliti dan masuk ke dalam alat x-ray untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Eko menyebutkan mengemukakan bahwa ada jalur khusus yang ditandai dengan warna hijau atau jalur hijau dan merah atau jalur merah.

Menurutnya, jika ditemukan ada benda yang tidak sesuai atau barang terlarang, maka barang kiriman itu akan dimasukkan ke jalur merah.

"Kemudian pihak ekspedisinya akan kami minta untuk periksa barang itu, karena kami tidak ada wewenang untuk bongkar barang orang lain," kata Eko.

Dia menjelaskan bahwa pembongkaran barang tersebut dilakukan untuk mengantisipasi narkoba masuk ke Indonesia melalui paket yang dikirim oleh PMI.

Bea Cukai Tanjung Perak mengungkapkan proses pemeriksaan barang yang dikirim oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close