Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Arahan Mentan SYL Demi Menjaga Inflasi Pangan, Tolong Disimak!

Senin, 24 Oktober 2022 – 17:44 WIB
Begini Arahan Mentan SYL Demi Menjaga Inflasi Pangan, Tolong Disimak! - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan sejumlah arahan di acara kick off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulawesi Selatan di Taman Muccini Makassar, Senin (24/10). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meminta Bank Indonesia dan pemerintah daerah terus memantau harga dan menjaga tingkat inflasi pangan yang saat ini masih terkendali.

Tak hanya itu, pengendalian harga di tingkat petani juga harus terjamin sehingga kenaikan harga pangan sejalan dengan peningkatan pendapatan petani.

"Saya bersama Deputi Bank Indonesia, Pangdam TNI (Kodam Hasanudin) dan jajaran pemerintah daerah yang hadir sedang membicarakan bagaimana menyikapi inflasi dari kondisi global yang ada," kata Mentan SYL di acara kick off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulawesi Selatan di Taman Muccini Makassar, Senin (24/10).

Dia mengingatkan inflasi dunia terus bergerak sangat signifikan.

"Indonesia, sesuai data termasuk dalam jajaran negara yang inflasinya sekitar empat persen lebih. Cukup rendah dibanding negara lain," imbuhnya.

Mantan Gubernur Sulsel mengungkapkan rantai distribusi pangan yang panjang mengakibatkan harga sampai ke konsumen tinggi.

Karena itu, rantai distribusi pangan harus disederhanakan sehingga mengurangi pihak yang mempengaruhi harga pangan.

"Kita sudah diberikan alam yang luar biasa. Nah ini tergantung bagaimana para bupati, para gubernur bersinergi dengan semua pihak termasuk TNI, Polri dan ada Bank Indonesia yang terus memantau inflasi," ujar Mentan SYL.

Mentan SYL menyampaikan sejumlah arahan untuk menjaga tingkat inflasi pangan yang saat ini masih terkendali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close