Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Bea Cukai Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Senin, 08 November 2021 – 20:09 WIB
Begini Cara Bea Cukai Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat - JPNN.COM
Direktur Jenderal Bea dan Cukai Makassar Askolani beserta jajarannya pada pekan lalu melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Makassar New Port (MNP). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melakukan kunjungan ke sejumlah perusahaan di berbagai daerah untuk memastikan perannya bisa berdampak maksimal dalam menigkatkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Makassar Askolani beserta jajarannya pada pekan lalu melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Makassar New Port (MNP).

Dalam kunjungan itu, mereka memantau implementasi national logistik ekosistem (NLE) di Makassar New Port (MNP).

MNP sendiri merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN), sebagai pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang merupakan bagian dari penataan logistik nasional.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan saat ini sistem NLE terhubung dengan sistem di Pelabuhan Makassar terkait pelayanan DO Online, SP2 Online, Vessel Domestic, dan Trucking.

“NLE telah menghubungkan sistem Bea Cukai dan Karantina dalam bentuk Single Submition Quarantine-Customs (SSmQC) sehingga memungkinkan pengguna jasa bisa melakukan satu kali proses pengiriman data," kata Firman.

"SSmQC ini diikuti proses joint inspection, di mana pemeriksaan barang akan dilaksanakan bersama oleh kedua instansi. Jadi, diharapkan memberi kemudahan masyarakat melakukan pengiriman barang,” sambungnya.

Di Medan, Bea Cukai Belawan bersama tim dari Kantor Pusat Sumatra Utara, dan Medan turut hadir dalam kunjungan kerja bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) ke PT Permata Hijau Palm Oleo, Kamis (04/11).

Bea Cukai melakukan kunjungan ke sejumlah perusahaan di berbagai daerah untuk memastikan perannya bisa berdampak maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close