Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Keluarga Pendeta Jusuf Natalan Bersama dan Mengalkulturasi Budaya di Madiun

Minggu, 21 Januari 2024 – 15:25 WIB
Begini Cara Keluarga Pendeta Jusuf Natalan Bersama dan Mengalkulturasi Budaya di Madiun - JPNN.COM
Keluarga Alm. Pdt. Jusuf Mudjiman memberikan pelayanan berupa pengobatan akupunktur kepada masyarakat dalam rangka perayaan Natal. Foto: Dokpri

jpnn.com, MADIUN - Keluarga Alm. Pdt. Jusuf Mudjiman memberikan pelayanan berupa pengobatan akupunktur kepada masyarakat dalam rangka perayaan Natal.

Pelayanan ini dilakukan istri Jusuf, Pdt. Tri Indari dibantu lima anaknya, David B Suwanto, Agus Sutikno, Rudi Cahyono, Paul Krisdiyanto, dan Andreas G. Sudibjo.

Keluarga ini memang kerap menyelenggarakan kegiatan seperti Natal bersama yang dipusatkan di halaman rumahnya di Desa Klecorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Kegiatan itu biasanya diisi oleh beragam kesenian menggunakan alat kesenian tradisional seperti gamelan.

"Kegiatan Natal bersama ini diikuti oleh masyarakat sekitar dan dilakukan bersama-sama dengan pemeluk agama lain. Masyarakat inisiatif gotong-royong tanpa diminta," ujar Andreas dalam keterangannya, Minggu (21/1).

Warga biasanya datang tidak tangan hampa. Mereka membawa makanan, minuman, bahkan membawa alat musik gamelan. Semua berbaur dalam satu rasa kebersamaan.

"Semua kami jalani atas dasar kebersamaan. Berkasih sayang sesama manusia sehingga kita hidup rukun dalam kebersamaan," katanya.

Dia menambahkan kegiatan itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Saban tahun, warga datang berbondong-bondong untuk merayakan Natal bersama. Semua itu mereka lakukan secara sukarela.

Kegiatan itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Saban tahun, warga datang berbondong-bondong untuk merayakan Natal bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close