Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Kenali Velg Casting dan Forged

Kamis, 23 Januari 2020 – 17:01 WIB
Begini Cara Kenali Velg Casting dan Forged - JPNN.COM
HSR Wheel rilis Velg MYTH Series. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA - Velg merupakan salah satu peranti yang dapat menujang penampilan kendaraan. Jika salah pilih maka velg maka dapat dapat menurunkan keindahan pada mobil.

Velg mobil sendiri ada beberapa jenis berdasarkan teknik pembuatannya yaitu casting dan forged. Velg jenis seperti itu pun saat ini banyak dijual di pasaran.

Namun perlu diketahui, jika dilihat di pasaran kedua velg memiliki tampilan yang serupa. Padahal keduanya mempunyai kualitas yang berbeda. Lantas bagaimana cara membedakannya?

Aldy Rais, Manager Community PT Tri Karya Birawa (TKB) Group Indonesia yang memasarkan velg di Indonesia dengan nama HSR Wheel, menjelaskan, velg casting diproduksi menggunakan dasar molding atau cetakan. Jadi ketika cetakan velg itu sudah ada tinggal dimasukan bahan velg tersebut.

"Proses pembuatannya dengan cara casting atau cor dengan metode gravity cas atau low preassure gravity cast," ungkap Aldy di sela peluncuran velg MYTH series di Jakarta Selatan, Kamis (23/1).

Sementara velg Forged, dirancang dengan cara berbeda dari casting. Dari bahannya pun juga berbeda. Adly menyebut proses pembuatan velg itu menggunakan bongkahan full besi.

"Forged dibuat dari bongkahan besi. Kemudian velg itu dicetak menggunakan alat CNC kemudian dibentuk menjadi sebuah satu velg," katanya.

Saat disinggung lebih kuat antara casting dan forged, Aldy menyebut velg forged lebih kuat. Selain kuat velg forged juga lebih ringan.

Membedakan kedua velg tersebut bisa dari beratnya. Sebab, kalau dilihat secara kasat mata kedua velg itu sulit untuk dibedakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close