Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Kata Aa Gym soal Penghentian Umrah

Jumat, 28 Februari 2020 – 14:56 WIB
Begini Kata Aa Gym soal Penghentian Umrah - JPNN.COM
Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Foto: Daaruttauhid

jpnn.com, JAKARTA - KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym angkat suara terkait dengan penutupan akses jemaah umrah yang hendak menuju Arab Saudi.

Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid ini mengingatkan masyarakat Indonesia sebaiknya tidak menyikapi kebijakan itu dengan perasaan gelisah dan resah.

“Segala yang terjadi pasti selalu ada hikmah dan tidak akan merugikan bagi siapapun yang beriman kepada Allah. Diketahui, penutupan tersebut berdampak terhadap akses jemaah untuk menginjakkan kaki di tanah suci,” kata Aa Gym, Jumat (28/2).

Menyikapi berita tentang umrah ditutup sementara ke Saudi tentu saja hal seperti ini tidak harus membuat masyarakat galau dan resah.

“Karena segala sesuatu pasti ada hikmahnya dan tidak merugikan bagi orang yang beriman,” katanya.

Aa kemudian mengutip ayat 216 dalam surat Al-Baqarah. Di sana disebutkan bahwa Allah Maha Mengetahui sehingga terkadang hal yang tidak disukai umatnya justru merupakan yang terbaik bagi Allah.

Tugas manusia, kata Aa, ialah meluruskan niat dan melakukan ikhtiar dengan sebaik-baiknya.

“Tugas kita adalah meluruskan niat di dalam melakukan apa pun. Insyaallah bagi yang sudah berniat umrah sudah diketahui Allah, kemudian menyempurnakan ikhtiar. Allah juga sudah tahu yang daftar, yang menyiapkan kesehatan dan ikut manasik, semua dicatat oleh Allah,” ucap dia.

Aa Gym mengingatkan masyarakat Indonesia sebaiknya tidak menyikapi penghentian ibadah umrah dengan perasaan gelisah dan resah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close