Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Kata Ketua DPR Soal Gagasan Motor Masuk Tol 

Rabu, 30 Januari 2019 – 13:00 WIB
Begini Kata Ketua DPR Soal Gagasan Motor Masuk Tol  - JPNN.COM
Sepeda motor. Ilustrasi. Foto dok Jawapos/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa gagasan supaya pengguna sepeda motor bisa masuk jalan tol, semata-mata agar mereka mendapatkan kesempatan yang sama dengan pengendara mobil.

"Ini soal keberpihakan saja kepada mereka karena sesungguhnya aturannya sudah ada. Contohnya  sudah ada yaitu di tol Bali Mandara san Suramadu. Artinya dari sisi hukum dan aturan tidak ada kendala," kata Bambang di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/1).

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu menuturkan barangkali yang masih menjadi kendala adalah soal kondisi jalan tol yang sudah ada.  Karena itu, Bamsoet berharap pemerintah memperluas atau menambah lagi jalur tol khusus motor.

"Tidak hanya di Bali dan Suramadu, tapi bagi ruas jalan tol yang masih memungkinkan dibuat jalur khusus untuk kendaraan roda dua," jelas Bamsoet.

Menurut Bamsoet, hal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang belum mampu memiliki mobil. Dia mengatakan mungkin banyak masyarakat yang hanya mampu memiliki motor, itupun mungkin sebagian besar kredit.

"Jadi harus ada keberpihakan dari pemerintah bagi pemakai motor menggunakan jalan dan menikmati hasil pembangunan negaranya," katanya.

Dari sisi keselamatan, Bamsoet mencontohkan, dengan adanya jalur tol bagi pemotor di Bali angka kecelakaan justru kecil. Sebab, pengendara sepeda motor diberi satu jalur dan adah.

"Tidak ada potensi bertabrakan dari yang berlainan arah," tegasnya.

Harus ada keberpihakan dari pemerintah bagi pemakai motor menggunakan jalan dan menikmati hasil pembangunan negaranya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close