Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Kondisi Banjir di Sintang, Letjen Ganip Sudah ke Lapangan

Selasa, 09 November 2021 – 23:12 WIB
Begini Kondisi Banjir di Sintang, Letjen Ganip Sudah ke Lapangan - JPNN.COM
Kondisi banjir di Tugu Simpang Lima Kota Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (9/11). Foto: dok. BNPB

jpnn.com, SINTANG - Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito meninjau langsung kondisi lapangan dan penanganan banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada Selasa (9/11).

Dalam kunjungan itu, Letjen Ganip Warsito juga menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp 500 juta kepada BPBD setempat guna mendukung upaya percepatan penanganan bencana di daerah itu.

Begini Kondisi Banjir di Sintang, Letjen Ganip Sudah ke Lapangan

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito (kemeja putih rompi) didampingi Dandim Sintang Kol Inf Kukuh Suharwiyono (kiri) meninjau lokasi terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (9/11) Foto: dok. BNPB

BNPB juga menyalurkan bantuan logistik dan peralatan kepada Pemkab Sintang berupa makanan siap saji 504 paket, lauk pauk 501 paket, matras 300 buah, selimut 300 buah, masker KF94 5.000 lembar, tenda pengungsi 2 set dan perahu polyethylene 2 buah.

Letjen Ganip memahami bahwa bencana banjir yang terjadi di Sintang dipicu oleh faktor cuaca, yakni tingginya intensitas hujan di wilayah hulu Sungai Kapuas.

Kendati demikian, dia menyebut musibah banjir yang merupakan jenis bencana hidrometeorologi basah tersebut seharusnya dapat dicegah dengan berbagai upaya.

Upaya itu menurut Ganip antara lain tata kelola ruang yang baik dan benar dan perilaku masyarakat untuk lebih peduli dan memahami tentang pemanfaatan alam yang berkelanjutan untuk kehidupan di masa depan.

Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito menijau kondisi banjir yang melanda Sintang, Kalbar. Dia menyerahkan dana Rp 500 juta dan bantuan logistik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close