Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Langkah Anies Baswedan Melindungi Pekerja Migran

Rabu, 20 Desember 2023 – 09:48 WIB
Begini Langkah Anies Baswedan Melindungi Pekerja Migran - JPNN.COM
Capres Anies Baswedan memaparkan strateginya untuk mengelola utang pemerintah dalam forum Desak Anies di Kota Mataram, NTB, Selasa (19/12/2023). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, MATARAM - Capres RI Anies Baswedan menyampaikan komitmennya terhadap pekerja migran Indonesia, terutama di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu provinsi yang paling banyak mengirim pekerja ke luar negeri.

Anies pun punya dua hal yang bisa dilakukan untuk melindungi pekerja migran jika terpilih menjadi Presiden RI di Pilpres 2024.

Pertama, dalam jangka panjang pemerintah harus menambah lapangan pekerjaan di dalam negeri, sehingga mereka tak perlu jauh-jauh mengais rezeki di negeri orang.

Langkah ini muncul setelah Anies berdialog dengan sejumlah pekerja imigran Indonesia yang bekerja di Malaysia beberapa bulan lalu.

"Ketika bertemu dengan mereka, termasuk dari NTB, mereka menyampaikan persoalan yang mereka rasakan. Apa yang mereka sampaikan? Pak, sesungguhnya kami tidak ingin bekerja di sini. Bila ada pekerjaan di Indonesia, kami ingin pulang," ujar Anies dalam acara Desak Anies di Mataram, NTB, Selasa (19/12).

Langkah kedua ialah membekali para pekerja imigran dengan keterampilan, sehingga ketika menginjakkan kaki di negeri orang, mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

Selain itu, Anies juga akan membekali para pekerja imigran dengan perlindungan yang baik. Salah satunya, dengan menambah staf di kantor-kantor perwakilan Indonesia di tempat para pekerja migran itu bekerja.

Anies mengatakan pemerintah harus memastikan kantor-kantor perwakilan Indonesia di tempat banyak pekerja migran punya cukup staf untuk melayani para penyubang devisa.

Capres RI Anies Baswedan sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam melindungi pekerja migran Indonesia bila terpilih menjadi Presiden RI di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close