Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Tren Perdagangan Digital di tahun 2019

Sabtu, 26 Januari 2019 – 11:53 WIB
Begini Tren Perdagangan Digital di tahun 2019 - JPNN.COM
Ilustrasi belanja online.

jpnn.com, JAKARTA - Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengatakan, tahun 2019 industri perdagangan digital di Indonesia akan lebih berwarna dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini pelaku e-commerce semakin gencar menghadirkan inovasi untuk menggaet konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama," kata Yonathan seperti keterangan tertulisnya, Sabtu (26/1).

Menurut Yonathan, perang promo potongan harga serta promo lainnya akan tetap mewarnai e-commerce 2019. Selain itu, gamifikasi pada aplikasi e-commerce digadang-gadang akan semakin banyak bermunculan untuk meningkatkan daily active users (DAU) platform e-commerce tersebut.

Apalagi saat ini peraturan pajak ecommerce telah keluarkan oleh kementerian keuangan melalui PMK-210 yang efektif pada 1 April mendatang. "Keputusan peraturan pajak mendatangkan pro-kontra bagi para pelaku e-commerce," jelas Yonathan.

Platform gaya hidup yang mengkurasi e-commerce serta mendorong masyarakat untuk dapat belanja online dengan cara hemat dan cermat itu melihat industri e-commerce di Indonesia pada 2019 akan semakin terarah dan semakin berkembang.

Secara kinerja, konsultan perusahaan McKinsey memprediksi pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat delapan kali lipat, dari total pembelanjaan online USD 8 miliar di 2017 menjadi USD 55 miliar hingga 65 miliar di 2020.

Tak hanya itu, McKinsey juga memprediksi penetrasi belanja online masyarakat Indonesia juga akan meningkat menjadi 83% dari total pengguna internet, atau meningkat sekitar 9 persen dibanding penetrasi belanja online di 2017. (mg9/jpnn)

Tahun 2019, tren industri perdagangan digital di Indonesia akan lebih berwarna dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close