Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Upaya Kemnaker Meningkatkan Kompetensi Petani dan Pengelola Perhutanan Sosial

Senin, 10 Juli 2023 – 13:42 WIB
Begini Upaya Kemnaker Meningkatkan Kompetensi Petani dan Pengelola Perhutanan Sosial - JPNN.COM
Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa saat berbicara pada kegiatan Konsolidasi Perhutanan Sosial Jawa di Omah Tani Batang, Jawa Tengah, Minggu (9/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, BATANG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan berbagai pelatihan pertanian dan pengelolaan agrowisata guna meningkatkan kompetensi petani dan pengelola perhutanan sosial.

Kemnaker juga mempersiapkan program perluasan kesempatan kerja bagi para petani dan pelaku usaha di kawasan hutan.

Hal ini disampaikan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa pada kegiatan Konsolidasi Perhutanan Sosial Jawa di Omah Tani Batang, Jawa Tengah, Minggu (9/7).

Kegiatan bertajuk 'Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Perhutanan Sosial' itu diikuti para pegiat dan perwakilan kelompok masyarakat penerima dan pengusul perhutanan sosial dari berbagai daerah, seperti dari Batang, Pekalongan, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, dan Temanggung.

Dia mengatakan sebagai kekayaan sumber daya alam, hutan harus jaga kelestariannya sekaligus bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar hutan.

Menurut Caswi, perhutanan sosial merupakan solusi agar masyarakat dapat menjaga kelestasian hutan sekagus memanfaatkan untuk pengembangan kegiatan ekonomi secara berkelanjutan.

"Untuk itu, sebagai agenda strategis nasional, perhutanan sosial harus diiakselerasi dan diperkuat melalui kolaborasi seluruh stakeholder," kata pria yang juga kandidat Doktor Institut Pertanian Bogor ini.

Caswi menyampaikan perlunya dukungan dari berbagai pihak untuk memberdayakan petani dan kelompok masyarakat pengelola hutan.

Stafsus Menaker Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menyampaikan upaya Kemnaker guna meningkatkan kompetensi petani dan pengelola perhutanan sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close