Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Upaya KKP Melestarikan Keanekaragaman Hayati Laut

Minggu, 31 Desember 2023 – 14:34 WIB
Begini Upaya KKP Melestarikan Keanekaragaman Hayati Laut - JPNN.COM
KKP terus berupaya melestarikan keanekaragaman hayati laut melalui sejumlah program bantuan. Foto: Humas KKP

jpnn.com, SERANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya melestarikan keanekaragaman hayati laut melalui program bantuan Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK).

Program dilakukan KKP melalui Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang, dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut

Ini merupakan bagian dari upaya percepatan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi dan pengelolaan jenis ikan terancam punah dan/atau dilindungi .

Tahun ini, bantuan KOMPAK disalurkan kepada Kelompok Konservasi Penyu Samas di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kemudian, bantuan juga diberikan kepada kelompok konservasi terumbu karang, Harmoni Semenanjung Ujung Kulon di Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kedua kelompok tersebut sebelumnya telah aktif melakukan kegiatan konservasi dan pengawasan seperti penetasan dan pelepasan tukik, serta transplantasi karang.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa sarana penunjang kegiatan konservasi, seperti kolam perawatan tukik dan penyu, atap portable untuk pelindung area penetasan telur, sepeda motor roda tiga, alat selam, rak transplantasi, kamera underwater, dan lain-lain.

Selain sarana penunjang konservasi, LPSPL Serang juga menyalurkan sarana pendukung lainnya untuk kegiatan edukasi dan ekowisata, seperti alat peraga jenis penyu, tenda, genset, dan lainnya.

KKP terus berupaya melestarikan keanekaragaman hayati laut melalui sejumlah program bantuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close