Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bela Gipsi, Madonna Disoraki

Jumat, 28 Agustus 2009 – 07:01 WIB
Bela Gipsi, Madonna Disoraki - JPNN.COM
Madonna. Foto: NYmag.
BUKHAREST - Ada-ada saja 'kesialan' yang menimpa Madonna dalam sejumlah konsernya belakangan. Belum lama sang diva pop dunia itu sempat mengalami kecelakaan dengan panggung yang rubuh, kali ini giliran ia disoraki oleh lebih dari 60 ribu penonton dalam konsernya. Bukan, bukan disoraki dengan pujian atau jerit histeris penuh rasa suka, tapi sorakan cemooh dengan nada benci.

Seperti diberitakan AP, Jumat (28/8) dinihari WIB, peristiwa itu terjadi saat Madonna menggelar konsernya yang padat pengunjung di Bukharest, Rumania. Awalnya, para penggemar dengan penuh antusias sekaligus sopan, memberi tepukan saat sekelompok penampil dari etnis Roma ikut hadir bersama Madonna. Namun kemudian, saat sang bintang buka mulut dan mengutuk diskriminasi - yang sangat banyak terjadi di Rumania - terhadap etnis yang dikenal juga sebagai gipsi tersebut, pujian dan tepukan berubah menjadi teriak cemoohan.

Perubahan suasana yang sedemikian drastis, dalam konser yang berlangsung Rabu (26/8) malam waktu setempat itu, menunjukkan betapa kebencian terhadap kaum gipsi masih demikian dalam, khususnya di kawasan Eropa Timur. Meski berusaha terhindar dari sikap bias, para aktivis HAM sendiri memang kerap menyatakan bahwa etnis Roma mungkin tergolong yang paling menderita dibanding etnis lain di Eropa, dalam hal diskriminasi dan penghinaan.

Bahkan menurut beberapa aktivis pula, diskriminasi tersebut bisa saja berujung tindakan mematikan. Salah satu contoh misalnya, di negara tetangganya, Hungaria, baru-baru ini setidaknya enam orang warga etnis Roma telah tewas dan sejumlah lainnya terluka, akibat serangkaian serangan bermotivasi rasisme yang sengaja menargetkan desa-desa kecil yang banyak didiami kaum gipsi tersebut.

BUKHAREST - Ada-ada saja 'kesialan' yang menimpa Madonna dalam sejumlah konsernya belakangan. Belum lama sang diva pop dunia itu sempat mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close