Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Bela Warga Muslim, Joe Biden Perintah Penghentian Program Proyek Besar Trump

Sabtu, 23 Januari 2021 – 06:45 WIB
Bela Warga Muslim, Joe Biden Perintah Penghentian Program Proyek Besar Trump - JPNN.COM
Presiden Terpilih AS Joe Biden. Foto: REUTERS

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Joe Biden langsung menghapus atau membatalkan 17 aturan kontroversial yang dibuat Donald Trump sehari setelah pelantikannya.

Ketujuh belas aturan Trump yang dicabut itu antara lain larangan masuk ke AS bagi warga yang berasal dari  beberapa negara mayoritas muslim, menghentikan pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko, dan bergabung kembali dengan perjanjian iklim Perjanjian Paris.

Dari 17 aturan yang dicabut Biden itu, enam berurusan dengan imigrasi - sebagian besar merupakan upaya untuk membatalkan beberapa kebijakan era Trump yang kontroversial.

Tembok pembatas Meksiko-AS adalah rangkaian pembatas vertikal di sepanjang perbatasan Meksiko – Amerika Serikat yang dimaksudkan untuk mengurangi imigrasi ilegal ke Amerika Serikat dari Meksiko. Kalau selesai, panjang tembok pembatas ini sekitar 1.044 km.

Biden menandatangani perintah eksekutif yang mengakhiri larangan perjalanan bagi warga dari lebih dari 12 negara muslim, termasuk Eritrea, Yaman, Nigeria dan Sudan.

Batasan tersebut diberlakukan oleh mantan Presiden Donald Trump ketika dia pertama kali masuk kantor.

Dikritik sebagai "larangan muslim" ketika pertama kali diungkapkan, hal itu akhirnya malah diberlakukan juga bagi beberapa negara non-mayoritas-Muslim.

Presiden Joe Biden menghapus larangan yang disebutnya sebagai kebijakan itu diskriminatif.