Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Belasan Bus AKAP di Terminal Pulo Gebang Tak Layak Jalan, Hati-Hati

Sabtu, 17 Desember 2022 – 04:39 WIB
Belasan Bus AKAP di Terminal Pulo Gebang Tak Layak Jalan, Hati-Hati - JPNN.COM
Ilustrasi penumpang bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG), Jakarta Timur, saat arus balik Lebaran 2022, Senin (9/5/2022). ANTARA/Rizka Khaerunnisa

jpnn.com, JAKARTA - Petugas Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, menemukan 13 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tidak layak jalan berdasarkan hasil ramp check atau uji kelaikan jalan.

Temuan itu setelah petugas melakukan kegiatan rutin ramp check yang kini lebih digiatkan lagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Untuk bus yang tidak laik jalan kita larang beroperasi, dan kita minta disediakan bus pengganti. Ramp check setiap hari kita laksanakan," kata Kepala Terminal Terpadu Pulo Gebang Bernad Pasaribu, Jumat.

Bernard menambahkan uji kelayakan jalan itu dilakukan terhadap seluruh bus AKAP dari berbagai perusahaan otobus (PO) meliputi pemeriksaan masa berlaku KIR,? fungsi klakson, lampu.

Kemudian juga pemeriksaan kondisi ban serta aspek penunjang keselamatan saat bus membawa penumpang ke tempat tujuan. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mencegah kasus kecelakaan akibat kendala armada bus AKAP.

"Untuk hasil ramp check sementara di Terminal Pulogebang jumlah bus yang dinyatakan laik jalan lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak laik jalan," ujar Bernard.

Bernard mengatakan Terminal Pulo Gebang juga tengah bersiap mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru.

Nantinya akan ada pos terpadu yang didirikan mulai Senin (19/12) untuk melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru.

Petugas Terminal Terpadu Pulo Gebang menemukan 13 bus AKAP tidak layak jalan berdasarkan hasil ramp check.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close