Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Makan Ganggang Bisa Atasi Masalah Pencernaan?

Rabu, 19 Februari 2020 – 22:54 WIB
Benarkah Makan Ganggang Bisa Atasi Masalah Pencernaan? - JPNN.COM
Sakit Perut. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mencari cara baru untuk mengobati masalah pencernaan yang Anda alami? Cobalah mengembangkan diet Anda.

Penelitian dari University of California San Diego menyebutkan, menambahkan satu makanan tertentu ke rejimen makan reguler bisa membuat semua perbedaan dalam hal bagaimana perasaan Anda.

Science Daily melaporkan bahwa mengonsumsi Chlamydomonas reinhardtii, organisme dari kerajaan ganggang, bisa membantu mengurangi masalah yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) seperti diare, gas, dan kembung.

Sebuah studi baru dari para peneliti California mengungkapkan bahwa organisme Chlamydomonas reinhardtii membantu mengatasi masalah seperti kembung.

Sementara penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengonsumsi berbagai spesies alga bisa menyediakan vitamin, protein, dan manfaat terkait kesehatan lainnya, penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menyebutkan bahwa Chlamydomonas reinhardtii sekarang terbukti sangat penting untuk kesehatan.

"Peneliti telah mengamati ganggang ini selama beberapa dekade, tetapi ini adalah studi pertama yang menunjukkan apa yang banyak dari kita duga, bahwa ganggang baik untuk Anda," kata pemimpin peneliti dan pakar ganggang, Stephen Mayfield, profesor Divisi University of California San Diego dan wakil direktur Pangan dan Bahan Bakar untuk Program Abad 21 (FF21), seperti dilansir laman MSN, Selasa (18/2).

Ini menyenangkan karena ganggang menunjukkan manfaat yang jelas. Jika Anda memiliki gejala seperti IBS, maka ganggang ini baik untuk Anda. Para peneliti pertama kali menemukan bahwa tikus kehilangan berat badan setelah makan ganggang selama putaran awal studi mereka.

Setelah mengumpulkan sekitar 50 sukarelawan dan memberi mereka sesendok Chlamydomonas reinhardtii untuk dikonsumsi selama satu bulan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang sebelumnya dilaporkan memiliki masalah pencernaan, mengalami lebih sedikit gas dan kembung setelah makan ganggang.

Sebuah studi baru dari para peneliti California mengungkapkan bahwa organisme ganggang membantu mengatasi masalah seperti kembung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close