Benarkah Pria Ternyata Lebih Lihai Berbohong Dibandingkan Wanita?

Rabu, 22 Januari 2020 – 22:12 WIB
Benarkah Pria Ternyata Lebih Lihai Berbohong Dibandingkan Wanita? - JPNN.COM
Pasangan bertengkar. Ilustrasi. Foto LamanCare

jpnn.com - Orang yang lihai berbohong biasanya pandai berbicara kepada orang lain. Mereka menggunakan kelebihannya tersebut untuk membohongi orang-orang, terutama keluarga, pasangan, dan teman-temannya. 

Bahkan, sebuah penelitian dari University of Portsmouth mengungkapkan bahwa pria lebih sering dan pandai berbohong dibandingkan wanita. 

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Brianna Verigin ini melihat adanya hubungan yang cukup erat antara kemampuan berbohong dengan jenis kelamin. 

Di dalam penelitian tersebut terdapat 194 peserta, 97 pria dan 97 wanita. Mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para peneliti seputar kebohongan yang dibuat. 

Mulai dari frekuensi berbohong, kepada siapa mereka sering mengatakan kebohongan tersebut, hingga jenis kebohongan yang sudah diucapkan. 

Orang yang pintar berbohong biasanya pandai merangkai kata hingga membuat orang percaya. Akibatnya, orang lain akan sulit untuk membedakan, mana yang fakta dan kebohongan. 

Selain itu, pembohong ulung juga menyukai bercerita dalam kisah yang sederhana dan sulit bagi orang lain untuk meragukannya kebenarannya. 

Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan bahwa orang kesulitan untuk mendeteksi sebuah kebohongan. Peluang untuk mengungkap kebenarannya pun hanya 50:50.  

loading...