Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Benny Susetyo Sebut Teroris Musuh Bersama Umat Manusia

Selasa, 30 Maret 2021 – 13:10 WIB
Benny Susetyo Sebut Teroris Musuh Bersama Umat Manusia - JPNN.COM
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susestyo mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi melawan terorisme.

“Kita harus punya visi bersama bahwa teroris itu musuh bersama umat manusia,” kata Romo Benny Susetyo saat diskusi bertajuk “Mencegah Aksi Bom Bunuh Diri" di Kantor Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN), Jakarta, Senin (29/3) malam.

Menurut Benny, terorisme terjadi akibat dari manipulasi orang terhadap tafsir mengenai keagamaan yang selalu dikaitkan dengan kultur kekerasan.

“Nah, memutus tali kekerasan itu hanya bisa dilakukan kalau setiap masyarakat berpartisipasi bahwa terorisme musuh bersama umat manusia,” tegas Benny.

Sekretaris Dewan Nasional Setara Institute itu mengatakan terorisme itu sebuah ideologi. Oleh karena itu, menurut Benny, harus dilawan dengan ideologi yaitu kontraterorisme.

“Terorisme itu wujud dari budaya kematian. Teroris itu sebenarnya takut terhadap kehidupan. Mereka ingin menuju surga dengan menghancurkan dirinya dan sesamanya,” ucap Benny.

Lebih lanjut, Benny mengatakan teroris menggunakan jalan pintas menuju surga dengan budaya kematian.

Untuk melawan terorisme, menurut Benny, semua kekuatan harus bersatu dan masif untuk memgatasi ruang gerak terorisme.