Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Berapa Batas Aman Minum Sirop Saat Berbuka Puasa?

Senin, 11 Mei 2020 – 21:39 WIB
Berapa Batas Aman Minum Sirop Saat Berbuka Puasa? - JPNN.COM
Sirop. Foto Pixabay

jpnn.com - Menolak minuman dingin berwarna memikat seperti es sirop memang sulit, terlebih saat berbuka puasa. Namun, hal ini memang harus benar-benar dilakukan, terutama bagi para diabetesi. Dr. Sepriani Timurtini Limbong mengatakan kepada KlikDokter bahwa penderita diabetes sebaiknya tak mengonsumsinya sama sekali.

“Sirop itu termasuk simple sugar. Itu dilarang buat pengidap diabetes. Kalau ingin yang manis-manis, lebih baik yang berbasis buah,” kata dr. Sepriani.

Untuk orang yang tak punya masalah diabetes, batasan asupan gula per hari untuk wanita adalah 25 gram, sedangkan pria agak lebih banyak yaitu sekitar 30 gram.

Karena gula tak hanya didapat dari minuman manis (bisa didapat dari nasi, mi, dan lainnya), maka jangan sampai kita melebihi batas itu. Intinya, jangan minum es sirop lebih dari segelas!

Lalu, kurangi asupan karbohidrat bila Anda sudah minum segelas es sirop, supaya asupan gula tak terlalu melimpah.

Bagi Anda yang punya masalah asam lambung, sebaiknya juga tidak perlu menjadikan es sirop sebagai menu buka puasa.

Kalau ngidam, tidak perlu banyak-banyak dan jangan langsung diminum saat perut masih kosong. Isi dulu dengan air putih dan makanan yang lain.

“Itu karena, saat kita berpuasa, pergerakan usus dan lambung menjadi lebih lambat. Enzim pun belum aktif, sehingga tidak bisa langsung berfungsi sebagaimana mestinya.

loading...