Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berapa Suara Diraup Prabowo Setelah Ada Pernyataan Ustaz Abdul Somad?

Jumat, 12 April 2019 – 12:01 WIB
Berapa Suara Diraup Prabowo Setelah Ada Pernyataan Ustaz Abdul Somad? - JPNN.COM
Ustaz Abdul Somad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Prabowo Subianto diprediksi akan mendapat limpahan suara yang besar dengan adanya pernyataan dukungan dari Ustaz Abdul Somad alias UAS kepada capres nomor urut 02 itu.

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, berdasarkan riset terakhir lembaganya yang sudah dirilis beberapa hari lalu, tokoh agama punya pengaruh besar sebagai patron politik pemilih. Banyak pemilih menjadikan sikap ulama sebagai acuan menentukan pilihan.

"Posisi ulama sebagai patron politik pemilih, berada di posisi kedua setelah (pertimbangan, red) diri sendiri, yakni 21,7 persen. Jadi pengaruhnya akan besar," kata Pangi saat berbincang dengan JPNN.com, Jumat (12/4).

BACA JUGA: Siapa yang Mengatur Pertemuan Ustaz Abdul Somad dengan Prabowo?

Kenapa ulama menjadi dasar pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya? Dijelaskan Pangi, itu karena tokoh agama masih dipercaya masyarakat. Terlebih untuk dai sekelas Ustaz Bachtiar Nasir dan UAS.

Berapa Suara Diraup Prabowo Setelah Ada Pernyataan Ustaz Abdul Somad?

"Memang tidak bisa dinafikkan (sikap ulama) ini menjadi faktor yang menentukan, menjadi dasar pertimbangan atau patron politik orang memilih setelah faktor diri sendiri. Ulama memang besar pengaruhnya," tutur dia.

Saat ditanya seberapa besar pengaruh sikap UAS terhadap elektoral Prabowo dan Sandiaga Uno, Pangi menilai perlu penelitian tersendiri untuk mendapatkan angka pasti. Namun dia memprediksi pengaruhnya akan sangat besar.

Dipastikan Prabowo – Sandiaga Uno akan mendapat tambahan suara signifikan setelah mendapat dukungan Ustaz Abdul Somad.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close