Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berbagai Ikhtiar Pak Ganjar agar Ekonomi Jateng Bangkit Lagi di Masa Pandemi

Jumat, 19 Juni 2020 – 16:54 WIB
Berbagai Ikhtiar Pak Ganjar agar Ekonomi Jateng Bangkit Lagi di Masa Pandemi - JPNN.COM
Gubernur Ganjar Pranowo memimpin Rapat dgn Asisten Ekbang dan OPD terkait tentang Rencana Aksi Pembangkitan Ekonomi Desa. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus menggodok formula yang tepat untuk membangkitkan ekonomi setelah terkena dampak pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah dengan membangkitkan kegiatan ekonomi desa yang rencana aksinya sedang dimatangkan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kebangkitan beberapa sektor ekonomi desa sudah mulai berjalan sejak Mei lalu. Di antaranya di sektor pertanian dalam arti luas meliputi pertanian pangan, kelautan, termasuk perkebunan, hortikultura dan sebagainya.

"Kami mencoba membina agar ada stimulan ekonomi yang bisa kita gelindingkan untuk sektor-sektor ini. Apalagi yang mereka terdampak," katanya usai memimpin Rapat Rencana Aksi Pembangkitan Ekonomi Desa di kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang,  Jumat (19/6).

Berikutnya yang sudah dimulai sejak bulan lalu adalah industri kecil menengah (IKM) seperti membuat masker dan makanan.

Ganjar menjelaskan dari hasil riset kecil yang dilakukan ternyata para pelaku IKM ini membutuhkan tiga hal.

Pertama, ingin diajari marketing. Kedua, ingin diajari menggunakan teknologi informasi terutama tentang market place agar mereka bisa berdagang daring. Ketiga, ingin diajari packaging (pengemasan).

"Tapi secara keseluruhan sambatnya sama, akses modal. Maka hari ini kami mempertemukan pakar dari Undip dan teman-teman yang akan mengeksekusi pada sektoral itu. Kira-kira perbaikannya apalagi," ungkap Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kebangkitan ekonomi desa beberapa sudah mulai jalan sejak bulan Mei lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close