Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berbicara dalam Bahasa ‘Slang’ Australia Membuat Seseorang Lebih Disukai

Kamis, 24 Maret 2016 – 16:34 WIB
Berbicara dalam Bahasa ‘Slang’ Australia Membuat Seseorang Lebih Disukai - JPNN.COM

Sebuah studi menemukan, menggunakan kata-kata gaul berakhiran 'ie' atau 'o', seperti ‘truckie’ dan ‘ambo’, membuat Anda lebih disukai warga Australia. 

Dr Evan Kidd mengatakan, tim peneliti dari Universitas Nasional Australia (ANU) tertarik pada dampak sosial dari bahasa gaul jenis tertentu yang membuat warga Australia mempersingkat kata-kata dan mengakhirinya dengan akhiran 'ie' atau 'o'.

"Istilah-istilah ini ironisnya disebut ‘hypocoristics’ yang merupakan nama yang sangat panjang untuk kata-kata yang sangat singkat," sebutnya.

Dr Evan menyambung, "Ini adalah kata-kata seperti 'truckie' untuk menyebut sopir truk, 'uggies' untuk menyebut sepatu boot bermerk UGG, 'ambo' untuk sopir ambulans dan hal-hal semacamnya."

Penelitian ini dilakukan dengan seorang aktor yang berbicara kepada sejumlah peserta menggunakan istilah Australia yang dipersingkat atau tak dipersingkat, dan kemudian para peserta itu diminta untuk menilai tingkat kemenarikan sang aktor.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa ketika aktor menggunakan kata-kata gaul, peserta lebih menyukainya setelah percobaan selesai ketimbang jika mereka tak menggunakannya," ujar Dr Evan.

Percobaan itu juga menunjukkan bahwa orang yang menggunakan bahasa gaul lebih disukai oleh warga Australia, selain itu terungkap pula bahwa tiap aksen sama-sama penting dalam memengaruhi hasil.

Studi menimbang dampak ras dan gender

Sebuah studi menemukan, menggunakan kata-kata gaul berakhiran 'ie' atau 'o', seperti ‘truckie’ dan ‘ambo’,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA