Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berharap PM Noor jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 06 November 2018 – 08:15 WIB
Berharap PM Noor jadi Pahlawan Nasional - JPNN.COM
Seorang bocah membawa Bendera Merah Putih di Sungai Kalianyar, Solo, Kamis, 17 Agustus 2017. Ilustrasi Foto: Arief Budiman/Radar Solo/JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Berkaitan dengan Hari Pahlawan 10 November tahun ini, Pemprov Kalimantan Selatan tidak mengusulkan nama pejuang Kalsel menjadi Pahlawan Nasional.

Untuk pengusulan Pangeran Muhammad Noor sebagai pahlawan dipastikan kandas kembali di tahun ini. Pada Hari Pahlawan 10 November ini genap tiga tahun usulan dari Pemprov Kalsel tak disetujui pemerintah pusat.

Kepala Dinas Sosial Kalsel Adi Santoso mengungkapkan, pengusulan PM Noor yang disampaikan Pemprov sejak tiga tahun lalu belum ada perkembangan. “Usulan sudah di Sekretariat Negara. Kami hanya menunggu,” kata Adi seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Dinsos sendiri, terangnya, ketika mengusulkan kepada pemerintah pusat, berdasarkan usulan dan aspirasi dari masyarakat, pihak keluarga, akademisi, dan penelitian dengan naskah ilmiah yang pernah diuji publik.

Mengacu syarat yang ditentukan seseorang untuk mendapatkan tanda kehormatan sebagai pahlawan nasional yang berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, PM Noor sudah bisa dibilang layak.

Misalnya, mengacu syarat pertama, tokoh tersebut pernah memimpin dan melaksanakan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

PM Noor sendiri pada di era tahun 1945-1949 berhasil mempersatukan pasukan pejuang kemerdekaan di Kalimantan ke dalam basis perjuangan yang diberi nama Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan di bawah pimpinan Hassan Basry.

Syarat yang kedua, tokoh tersebut tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan. PM Noor sendiri adalah salah satu tokoh bangsa asal Kalimantan yang menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pangeran Muhammad Noor atau PM Noor sudah sejak tiga tahun lalu diusulkan mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close