Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berita Terkini soal Utang Luar Negeri Indonesia, Ada Kabar Baik

Rabu, 15 September 2021 – 16:30 WIB
Berita Terkini soal Utang Luar Negeri Indonesia, Ada Kabar Baik - JPNN.COM
BI membeberkan berita terkini soal utang luar negeri Indonesia. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Juli 2021 tercatat sebesar USD 415,7 miliar.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan ULN tumbuh melambat 1,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar dua persen (yoy).

"Perkembangan tersebut terutama disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan ULN pemerintah," ujar Erwin dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (15/9).

Menurut dia, ULN pemerintah Juli 2021 mencapai USD 205,9 miliar atau tumbuh 3,5 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan Juni 2021 sebesar 4,3 persen (yoy).

Perkembangan tersebut disebabkan penurunan Surat Berharga Negara (SBN) domestik dan pembayaran neto pinjaman bilateral, di tengah penarikan pinjaman luar negeri untuk mendukung penanganan dampak pandemi COVID-19.

Sesuai strategi pembiayaan yang telah ditetapkan, pemerintah juga menerbitkan SBN dalam dua mata uang asing yaitu USD dan Euro pada Juli 2021 untuk memenuhi pembiayaan APBN secara umum.

"Termasuk untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi," kata Erwin dalam keterangan resmi yang dikutip dari bi.go.id, di Jakarta.

Penerbitan SBN valuta asing tersebut memanfaatkan momentum sentimen positif investor yang kuat dan kondusifnya pasar keuangan AS.

BI membeberkan berita terkini soal utang luar negeri Indonesia. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close