Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berkah Ramadan, Ketua MPR Bambang Soesatyo Bersama GERAK BS Santuni Anak Yatim

Jumat, 14 April 2023 – 09:48 WIB
Berkah Ramadan, Ketua MPR Bambang Soesatyo Bersama GERAK BS Santuni Anak Yatim - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Gerak BS menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu i Tamarind and Lime, Jakarta, Kamis (13/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) mengisi kegiatan Ramadan 2023 dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Hal ini sebagai bentuk realisasi hablum minannas (meningkatkan hubungan harmonis manusia dengan manusia) di tengah suasana puasa yang merupakan bagian dari hablum minallah (meningkatkan hubungan manusia dengan Allah).

"Santunan terhadap anak yatim piatu ini bukanlah sekadar acara seremonial yang menjadikan mereka sebagai objek, melainkan sebagai bentuk uluran tali kasih kita kepada mereka yang merupakan bagian dari generasi penerus bangsa," kata Bamsoet seusai menyantuni anak yatim piatu bersama GERAK BS di Tamarind and Lime, Jakarta, Kamis (13/4).

Bamsoet mengingatkan Ramadan bukan sekadar menahan lapar dan haus, melainkan juga melatih dan menajamkan kepekaan sosial sekaligus momen berbagi kebahagiaan kepada sesama, khususnya kepada anak yatim piatu.

"Sehingga bisa terjalin soliditas dan solidaritas yang kuat untuk menghasilkan harmoni dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Bamsoet.

Dia menyebutkan UNICEF mencatat sedikitnya ada 153 juta anak yatim piatu di seluruh dunia, sekitar 5,2 persennya tinggal di lembaga pengasuhan atau panti asuhan.

Di Indonesia, jumlah anak yatim piatu diperkirakan mencapai 106 ribu anak, tinggal di 4.800 panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak.

Menurut Bamsoet, jumlah anak yatim piatu di dunia maupun Indonesia diperkirakan akan bertambah seiring kondisi sosial dan perekonomian.

Ketua MPR Bambang Soesatyo berasama GERAK BS mengisi Ramadan dengan menyantuni anak yatim piatu di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close