Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berpartisipasi di ICCR 2023, CBI Berkomitmen Kembangkan Inklusi Keuangan

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 12:09 WIB
Berpartisipasi di ICCR 2023, CBI Berkomitmen Kembangkan Inklusi Keuangan - JPNN.COM
CBI turut berpartisipasi dalam event ICCR 2023, dan berkomitmen kembangkan inklusi keuangan. Foto: CBI

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) Credit Bureau Indonesia (CBI) berpartisipasi dalam International Committee on Credit Reporting (ICCR) 2023, Nusa Dua, Bali, pada 24-26 Oktober.

Acara yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Regional Consulting Group ini mempertemukan para pemimpin dan pakar dalam bidang pelaporan kredit dan teknologi keuangan dari seluruh dunia.

Dalam acara itu, Direktur Teknologi Informasi CBI Rawuh Ivan Irawan menyampaikan pandangannya terkait "Penggunaan data alternatif dalam Credit Reporting menjadi makin relevan dalam kondisi terbatasnya cakupan data kredit.

Menurut Ivan Irawan, di Indonesia data kredit baru dapat mencakup sekitar 70% dari populasi yang membutuhkan akses pembiayaan. Data Alternatif ini meliputi data utilitas, Telco, data rental, verikasi penghasilan, e-commerce, investasi dan lain-lain.

"Data ini dapat menjadi informasi yang berharga terhadap calon debitur yang belum memiliki data kredit, atau memiliki data kredit yang amat terbatas," ujar Ivan Irawan, dalam keterangannya, Sabtu (28/10).

Namun, dia mengingatkan bahwa penggunaan data alternatif ini membawa risiko-risiko tertentu, seperti risiko akurasi, kualitas, legalitas, privasi, dan kepatuhan.

Integrasi data alternatif dengan data kredit yang ada juga menjadi tantangan tersendiri, sehingga monitoring yang lebih intensif perlu dilakukan untuk memastikan kinerja informasi yang dihasilkan dari data alternatif.

"Implementasi UU PDP menjadi tambahan pekerjaan rumah bagi Biro Kredit untuk memastikan keabsahan penggunaan data alternatif sehingga dibutuhkan transparansi terkait sumber data dan consent pemilik data," tegasnya.

CBI turut berpartisipasi dalam event ICCR 2023, dan berkomitmen kembangkan inklusi keuangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close