Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bertahan Hidup dengan Organ Vital Separo

Bocah Pertama yang Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

Selasa, 21 Februari 2012 – 11:34 WIB
Bertahan Hidup dengan Organ Vital Separo - JPNN.COM
Ryan Marquiss
WASHINGTON - Ryan Marquiss benar-benar merasakan keajaiban. Meski lahir dengan jantung di luar tubuh, bocah laki-laki itu bisa bertahan hidup sampai kini. Dia menjadi orang pertama di dunia yang bisa hidup meski lahir dengan jantung berada di luar tubuh. Bahkan, sebentar lagi, dia akan merayakan ulang tahun ke-3.

Secara medis, kondisi Ryan itu disebut ectopia cardis. Kasus tersebut hanya terjadi pada delapan di antara sejuta kelahiran bayi. Sekitar 90 persen dari janin atau bayi yang mengidap kelainan itu lahir tanpa nyawa atau meninggal dalam tiga hari. Tetapi, nasib Ryan berbeda. Putra ketiga pasangan Henry dan Leighann Marquiss itu selamat dan kini tumbuh sebagai balita yang sehat.

Keajaiban pada Ryan tak lepas dari keyakinan sang ibu. Perempuan 34 tahun itu mempertahankan bayi dalam kandungannya meski dokter menyarankan dia aborsi. Saat usia kehamilannya 12 pekan, dokter menemukan kelainan pada janin. "Kami memilih untuk menyerahkannya pada alam. Karena itu, kami menolak aborsi," tutur Leighann, seperti dikutip Daily Mail Senin(20/2).

Didukung suami, Leighann pun bertahan. Pada akhir Februari 2009, dia melahirkan Ryan lewat operasi caesar dengan bantuan 30 dokter di Children?s National Medical Centre, Washington, AS. Sesuai dengan diagnosis dokter, bayinya lahir dengan jantung di luar tubuh, tepatnya di atas dada. Hanya ada membran sangat tipis yang membungkus jantungnya.

WASHINGTON - Ryan Marquiss benar-benar merasakan keajaiban. Meski lahir dengan jantung di luar tubuh, bocah laki-laki itu bisa bertahan hidup sampai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close