Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bertemu Mendag Nishimura, Zulkifli Hasan: Perdagangan dengan Jepang Bisa Ditingkatkan

Sabtu, 27 Mei 2023 – 14:37 WIB
Bertemu Mendag Nishimura, Zulkifli Hasan: Perdagangan dengan Jepang Bisa Ditingkatkan - JPNN.COM
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri METI Jepang Nishimura Yasutoshi di Detroit, Amerika Serikat. Foto: dok Kemendag

jpnn.com, DETROIT - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri METI Jepang Nishimura Yasutoshi di Detroit, Amerika Serikat, Kamis (27/5).

Dia menyampaikan optimismenya hubungan perdagangan Indonesia dan Jepang masih dapat terus ditingkatkan.

Pertemuan bilateral antara kedua menteri tersebut berlangsung di sela-sela rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan dari Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade/APEC MRT), pada 25–26 Mei 2023.

“Indonesia optimistis hubungan baik kedua negara dapat terus ditingkatkan, terutama dengan adanya perjanjian dagang kedua negara seperti Indonesia–Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA),” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Ketua Umum Partai PAN itu mengatakan penandatanganan protokol dapat diselesaikan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada September 2023 atau ASEAN—Japan Commemorative Summit pada November 2023.

Selain itu, dia mengatakan Indonesia mencatat permintaan Jepang atas akses pasar baja. Dia juga meminta agar Jepang dapat mengeliminasi tarif untuk empat pos tarif tuna kaleng.

Terkait kerja sama ekonomi antara ASEAN dan Jepang, dia mengharapkan dukungan Jepang dalam Priority Economic Deliverables (PED) ASEAN 2023.

“Kami mengharapkan dukungan Jepang untuk PED ASEAN, yaitu ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) dan ASEAN Industrial Project-Based Initiatives agar sejalan dengan program Jepang,” kata pria yang akrab disapa Mendag Zulhas itu.

Terkait RCEP, Indonesia mengharapkan dukungan Jepang dalam RCEP Summit dan kegiatan Ceremonial Event to Commemorate Entry into Force of RCEP Agreement.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri METI Jepang Nishimura Yasutoshi di Detroit, Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close