Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BI Catat Uang Beredar Feburari Tumbuh Cukup Tinggi, Capai Rp 6.810,5 Triliun

Kamis, 25 Maret 2021 – 21:02 WIB
BI Catat Uang Beredar Feburari Tumbuh Cukup Tinggi, Capai Rp 6.810,5 Triliun - JPNN.COM
BI mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar tumbuh. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2021 tetap tumbuh cukup tinggi.

Direktur Eksekutif yang juga Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan pertumbuhan uang beredar M2 sebanyak 11,3 persen (yoy) mencapai Rp 6.810,5 triliun.

Kendati demikian, pertumbuhan tersebut melambat dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 11,8 persen (yoy).

"Februari 2021 tetap tumbuh tinggi didukung oleh komponen uang beredar dalam arti sempit (M1)," ujar Erwin dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Erwin mengatakan, pertumbuhan M1 pada Februari 2021 yang sebesar 18,6 persen (yoy) relatif stabil dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 18,7 persen (yoy).

Sementara itu, lanjut dia, untuk pertumbuhan uang kuasi melambat dari sebesar 9,7 persen pada bulan sebelumnya menjadi 9,2 persen (yoy) pada Februari 2021.

Dia menjelaskan pertumbuhan M2 pada Februari 2021 dipengaruhi oleh tetap tingginya tagihan bersih kepada pemerintah pusat, perlambatan aktiva luar negeri bersih, dan penurunan kredit.

"Pertumbuhan tagihan bersih kepada pemerintah pusat tetap tinggi yaitu sebesar 50,8 persen (yoy) meskipun lebih rendah dari capaian bulan sebelumnya sebesar 54,8 persen (yoy)," kata dia.

Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2021 tetap tumbuh cukup tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close