Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BI Papua Menyiapkan Uang Tunai Rp 4,7 Triliun untuk Kebutuhan Nataru

Minggu, 10 Desember 2023 – 10:22 WIB
BI Papua Menyiapkan Uang Tunai Rp 4,7 Triliun untuk Kebutuhan Nataru - JPNN.COM
Kepala BI Perwakilan Provinsi Papua Juli Budi Winantya. Foto: Ridwan/JPNN.com.

jpnn.com - JAYAPURA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menyiapkan uang tunai Rp 4,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Juli Budi Winantya menjelaskan bahwa Rp 4,7 triliun itu disiapkan untuk menjamin kebutuhan uang tunai masyarakat Papua.

Menurut Juli, uang tunai itu terdiri dari pecahan besar sejumlah Rp 4,65 triliun dan pecahan kecil Rp 50 miliar.

"Penyediaan uang tunai tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan nominal dan pecahan yang cukup, serta kualitas yang layak edar," katanya. 

Juli menjelaskan perkiraan kebutuhan uang tunai 2023 relatif lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan perkembangan ekonomi keuangan digital yang meningkat di Indonesia, termasuk Papua. 

"Dengan didukung ekosistem pembayaran digital yang makin cepat, mudah, murah, aman, dan andal (CeMuMuAH), membuat preferensi masyarakat menggunakan transaksi nontunai seperti QRIS, uang elektronik, dan digital banking makin tinggi sehingga turut menjaga jumlah kebutuhan uang tunai di masyarakat," paparnya. 

Juli menyatakan Bank Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memastikan ketersediaan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai,  guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Natal dan Tahun Baru.

Juli mengimbau masyarakat untuk terus mengutamakan instrumen nontunai dalam melakukan transaksi, antara lain QRIS, uang elektronik, dan digital banking. 

BI Papua menyiapkan uang tunai Rp 4,7 triliun untuk menjamin kebutuhan masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close