Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BI Pasang Kuda-Kuda, Sudah Mau Pindah ke IKN, Kapan?

Selasa, 22 November 2022 – 06:09 WIB
BI Pasang Kuda-Kuda, Sudah Mau Pindah ke IKN, Kapan? - JPNN.COM
Bank Indonesia (BI) menyatakan bersiap untuk melakukan perpindahan bank sentrak ke Ibu Kota Negara (IKN) baru pada 2023. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan bersiap untuk melakukan perpindahan bank sentrak ke Ibu Kota Negara (IKN) baru pada 2023.

"Deputi Gubernur kami sudah mulai bolak-balik ke IKN untuk persiapan ini, sehingga perpindahan BI ke IKN masuk dalam arah kebijakan kami pada 2023," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (21/11).

Menurut dia, BI merupakan salah satu lembaga yang akan terlebih dulu pindah bersama dengan beberapa lembaga dan kantor pemerintahan lainnya, jika berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo.

"Bank sentral sudah berada pada tahap akhir penyesuaian konseptual desain perpindahan ke IKN baru," ungkapnya.

Perry membeberkan selaras dengan tahapan pemindahan ke IKN pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah sesuai peta jalan (roadmap) perpindahan.

"Koordinasi dilakukan baik mengenai aspek hukum, organisasi, proses kerja, sumber daya manusia, maupun penyediaan sarana dan prasarana," jelasnya.

Selain itu, pada 2023 BI memiliki empat arah kebijakan lainnya yang menjadi fokus BI pada tahun depan.

Pertama, memperkuat kerangka kerja dan respons bauran kebijakan untuk memperkirakan dan membuat simulasi dengan lebih baik dan granular.

Bank Indonesia (BI) menyatakan bersiap untuk melakukan perpindahan bank sentrak ke Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close