Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bicara Kehutanan Berkelanjutan Demi Mencegah Deforestasi, Irwan Demokrat Ungkap 5 Tantangan & Solusi

Jumat, 04 Oktober 2024 – 18:43 WIB
Bicara Kehutanan Berkelanjutan Demi Mencegah Deforestasi, Irwan Demokrat Ungkap 5 Tantangan & Solusi - JPNN.COM
Jubir Partai Demokrat Irwan Fecho bicara kebijakan kehutanan berkelanjutan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Juru Bicara DPP Partai Demokrat Irwan mengungkap sejumlah tantangan serta solusi dalam pengelolaan kehutanan berkelanjutan demi mencegah deforestasi, sekaligus menghadapi tantangan perubahan iklim.

Irwan mengatakan dalam memerangi deforestasi dan mendorong kehutanan berkelanjutan di Indonesia secara efektif memerlukan upaya untuk mengatasi beberapa tantangan potensial.

"Untuk mengatasi masalah ini memerlukan solusi terpadu yang mencakup strategi hukum, teknologi, ekonomi, dan sosial," ujar politikus yang juga putra Kalimantan Timur (Kaltim) itu di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Penerapan solusi-solusi ini menurutnya memerlukan pendekatan terkoordinasi yang melibatkan tindakan pemerintah, partisipasi masyarakat, kerja sama internasional, dan keterlibatan sektor swasta.

Dia optimistis dengan mengatasi tantangan-tantangan ini melalui strategi yang ditargetkan, Indonesia dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam memerangi deforestasi dan mendorong kehutanan berkelanjutan.

"Sehingga menghasilkan manfaat lingkungan, ekonomi, dan sosial yang lebih baik," ucap penyandang gelar doktor kehutanan dari Universitas Mulawarman itu.

Irwan lantas membeberkan sejumlah tantangan dan solusi yang bisa dijalankan pemerintahan Prabowo Subianto ke depan.

Tantangan I; Penegakan Hukum yang Tidak Memadai. Masalahnya, meskipun memiliki kerangka hukum yang kuat, Indonesia sering mengalami kesulitan dalam penegakan hukum kehutanan karena keterbatasan sumber daya, korupsi, dan luasnya wilayah yang sulit diawasi.

Jubir Partai Demokrat Irwan Fecho ungkap 5 tantangan berikut solusi terkait kebijakan kehutanan berkelanjutan demi mengatasi deforestasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA