Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Biden Akhirnya Teken Sanksi untuk Rezim Militer Myanmar, Rasain!

Kamis, 11 Februari 2021 – 23:44 WIB
Biden Akhirnya Teken Sanksi untuk Rezim Militer Myanmar, Rasain! - JPNN.COM
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani 15 kebijakan baru pada hari pertamanya berkantor di Ruang Oval Gedung Putih, Selasa (20/1). Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menyetujui perintah eksekutif untuk sanksi baru terhadap mereka yang bertanggung jawab atas kudeta militer di Myanmar.

Biden mengulangi tuntutan agar para jenderal menyerahkan kekuasaan dan membebaskan para pemimpin sipil.

Biden mengatakan perintah itu memungkinkan pemerintahan AS "untuk segera memberi sanksi kepada para pemimpin militer yang mengarahkan kudeta, kepentingan bisnis mereka serta anggota keluarga dekat."

Washington akan mengidentifikasi target putaran pertama minggu ini dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah para jenderal di Myanmar memiliki akses ke USD 1 miliar atau Rp 14 triliun dana pemerintah Myanmar yang disimpan di Amerika Serikat.

"Kami juga akan memberlakukan kontrol ekspor yang kuat. Kami membekukan aset AS yang menguntungkan pemerintah Myanmar, sambil mempertahankan dukungan kami untuk perawatan kesehatan, kelompok masyarakat sipil, dan bidang lain yang secara langsung menguntungkan rakyat Myanmar," kata Biden di Gedung Putih, Rabu (10/2) waktu setempat.

"Kami akan siap untuk memberlakukan tindakan tambahan, dan kami akan terus bekerja dengan mitra internasional kami untuk mendesak negara-negara lain untuk bergabung dengan kami dalam upaya ini."

Kudeta 1 Februari dan penahanan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi menghadiahkan Biden krisis internasional besar pertamanya, dan ujian atas janji ganda untuk memusatkan kembali hak asasi manusia dalam kebijakan luar negeri dan bekerja lebih dekat dengan sekutu.

"Saya kembali menyerukan kepada militer Myanmar untuk segera membebaskan para pemimpin dan aktivis politik yang demokratis," katanya. "Militer harus melepaskan kekuasaan yang direbutnya."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menyetujui perintah eksekutif untuk sanksi baru terhadap rezim militer Myanmar

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Amerika

    Tolak Undangan Bukber Joe Biden, Muslim Amerika Pilih Demo di Depan Gedung Putih

    Rabu, 03 April 2024 – 16:59 WIB
    Tolak Undangan Bukber Joe Biden, Muslim Amerika Pilih Demo di Depan Gedung Putih - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Jembatan Lagu

    Kamis, 28 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Jembatan Lagu - JPNN.com
  • Pilpres

    Presiden AS Joe Biden Ucapkan Selamat kepada Prabowo

    Sabtu, 23 Maret 2024 – 14:12 WIB
    Presiden AS Joe Biden Ucapkan Selamat kepada Prabowo - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Bawang Putih

    Jumat, 15 Maret 2024 – 07:28 WIB
    Bawang Putih - JPNN.com
X Close