Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisa Jadi Konflik di PKS Terkait dengan Prabowo Siap Capres

Minggu, 15 April 2018 – 15:58 WIB
Bisa Jadi Konflik di PKS Terkait dengan Prabowo Siap Capres - JPNN.COM
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (paling kanan) bersama Presiden PKS Sohibul Iman (nomor 2 dari kanan) dan Amien Rais (paling kiri) dalam Aksi Bela Rohingya di Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ari Junaedi menilai kesiapan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden untuk Pemilu 2019 menjadi salah satu pemicu meruncingnya konflik di internal PKS.

Dalam pandangan Ari, ada kelompok di internal PKS yang tak mau hanya dijadikan kendaraan politik bagi tokoh dari parpol lain.

"Gerindra kan sekutu terdekat PKS. Jadi, ketika Prabowo diumumkan sebagai capres, PKS sepertinya tidak mau hanya dipinjam perahu oleh Gerindra. Maka dia harus mematok kader PKS sebagai calon wakil presiden," ujar Ari kepada JPNN, Minggu (15/4).

Pengajar di Universitas Indonesia (UI) itu juga menangkap kesan PKS merasa perlu segera mengumumkan nama kadernya yang akan diusung sebagai cawapres. Tujuannya untuk mengunci Gerindra agar tidak menggaet tokoh di luar PKS.

Persoalannya, sambung Ari, faksi-faksi di tubuh partai berlambang padi dan bulan sabit kembar itu tidak satu suara. Masing-masing menginginkan tokoh yang diusung berasal dari faksi mereka.

Akibatnya, konflik internal sepertinya sulit dihindarkan.  "Saya kira PKS juga tak mau meng-endorse orang lain (sebagai cawapres, red). Katakanlah Anies Baswedan atau Gatot Nurmantyo. Sepertinya partai ini menginginkan kadernya yang maju sebagai cawapres," ucap Ari.

Ari memaklumi jika beberapa partai sangat berambisi mengusulkan kadernya maju sebagai capres maupun cawapres di Pilpres 2019. Menurutnya, pada saat pemilu legislatif dan pilpres dilaksanakan serentak, maka maka fokus para pemilih pada pemilihan RI 1 - RI 2.

Kesiapan Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden untuk Pemilu 2019 diduga menjadi salah satu pemicu meruncingnya konflik di internal PKS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close