Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisnis Pariwisata Kurang Sinergi

Sabtu, 14 Juli 2012 – 10:03 WIB
Bisnis Pariwisata Kurang Sinergi - JPNN.COM
SURABAYA - Satu bulan lalu Jatim dipenuhi event skala nasional dan internasional. Event tersebut cukup mengatrol sektor wisata, khususnya perhotelan dan restoran. Namun, menurut Ketua Derwan Pariwisata Indonesia Yusak Anshori, event yang semestinya menjadi peluang sektor pariwisata tersebut tidak bisa terserap dengan maksimal.

"Sekitar dua minggu lalu ada beberapa acara besar yang diadakan di Jatim. Di antaranya, ASEAN School Games dan turnamen golf internasional di Taman Dayu dan Finna Golf. Jadwalnya hampir bertumpukan sehingga sektor wisata, seperti perhotelan, kewalahan. Akhirnya, beberapa hotel berbintang penuh dan harus menolak pemesanan," paparnya.

Kesinambungannya event-event skala besar tersebut, kata Yusak, harus bisa dipelihara. Dengan demikian, event-event itu dapat mengatrol sektor pariwisata, khususnya bisnis hotel dan restoran. Dia memperkirakan, event-event tersebut bisa menyumbang pertumbuhan pariwisata sekitar 12 persen. "Porsi terbesar disumbang perhotelan, sekitar 8 persen. Sisanya restoran," ujarnya.

Sebenarnya, menurut Yusak, tidak adanya sinergi antar pelaku sektor pariwisata adalah salah satu kelemahan pariwisata Jatim. Tiap sektor berdiri sendiri. Padahal, dalam sinergi tersimpan kunci keberhasilan pariwisata.

SURABAYA - Satu bulan lalu Jatim dipenuhi event skala nasional dan internasional. Event tersebut cukup mengatrol sektor wisata, khususnya perhotelan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA