Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BKSDA Lepasliarkan Seekor Harimau Sumatera di TNKS Jambi

Rabu, 01 Juni 2022 – 22:30 WIB
BKSDA Lepasliarkan Seekor Harimau Sumatera di TNKS Jambi - JPNN.COM
Seekor harimau sumatera dilepasliarkan di area Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Selasa (31/5). Foto: KLH

jpnn.com, JAMBI - Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dilepasliarkan di area Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Selasa (31/5).

Pelepasan itu merupakan hasil upaya penyelamatan dari konflik manusia dengan harimau sumatera yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi.

"Harimau yang dilepasliarkan ini merupakan hasil upaya penyelamatan dari konflik manusia," ujar Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh dalam siaran persnya, Rabu (1/6).

Dari hasil pemeriksaan oleh tim medis harimau sumatera tersebut berkelamin jantan dan berusia 9 tahun.

Proses pelepasliaran itu cukup menantang karena bintang buas itu akan dilepaskan di zona inti TNKS yang aksesibilitasnya sulit.

Untuk itu, tim gabungan pelepasliaran yang terdiri dari 3 orang dari Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumberdaya Genetik (KKHSG), 3 orang dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS), dan 2 orang dari BKSDA Jambi.

Mereka menggunakan helikopter untuk mengangkut kandang harimau menuju zona inti TNKS.

Rahmad menjelaskan jika proses penerbangan dengan helikopter dibagi menjadi tiga, yaitu penerbangan pertama Dropping personel sebanyak 10 orang.

Seekor harimau sumatera dilepasliarkan di area Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Selasa (31/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close