Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

BLT Harus Segera Dicairkan, Jangan Kendala di Birokrasi Rakyat Jadi Korban

Kamis, 22 Juli 2021 – 21:39 WIB
BLT Harus Segera Dicairkan, Jangan Kendala di Birokrasi Rakyat Jadi Korban - JPNN.COM
Penyerahan dana BLT di salah satu desa di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Ilustrasi). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan masyarakat kecil sangat membutuhkan uluran tangan di tengah krisis yang terjadi akibat pandemi COVID-19.

Karena itu, para kepala daerah diminta untuk segera menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) di daerah masing-masing.

"Pemerintah daerah diharapkan tanggap terhadap kebijakan pemerintah pusat dan kondisi krisis yang terjadi saat ini dengan tidak menunda, apalagi memendam dana BLT yang sangat dibutuhkan dan ditunggu oleh rakyat," ujar Lestari melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (22/7).

Menurut Lestari, penyaluran dana BLT bukan hal baru bagi pemerintah daerah.

Karena sudah berlangsung lama dan setiap daerah telah memiliki data penerima bantuan sampai ke desa-desa.

"Jadi, tidak ada alasan untuk berlama-lama dalam proses pencairan dan distribusi dana bantuan sosial tersebut," ujarnya.

Berbekal pengalaman dalam menyalurkan BLT selama ini, anggota Komisi X DPR RI ini mengingatkan pemerintah daerah juga harus bergerak cepat dalam mendistribusikan bantuan kepada warga yang berhak menerima.

Lestari menginngatkan, kalau ada kendala dalam penyaluran, pemerintah daerah harus segera mencari tahu sumber masalahnya.