Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Minta Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia

Senin, 11 September 2023 – 10:11 WIB
BMKG Minta Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia - JPNN.COM
Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi yang di beberapa wilayah perairan pada Senin (11/9) sampai Selasa (12/9). Ilustrasi oleh Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi yang di beberapa wilayah perairan pada Senin (11/9) sampai Selasa (12/9).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta.

Menurutnya, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-30 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Sumatera Barat, Selat Sunda bagian barat dan selatan, peraiaran Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Seram bagian timur, perairan P. Buru, Laut Banda selatan dan Laut Arafuru perairan Kep. Aru," papar dia.

Kondisi itu, lanjutnya, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kep. Mentawai, perairan barat Bengkulu-Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan dan barat, perairan selatan Banten-Jawa Timur, perairan Selatan Bali-P. Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas-Sape bagian selatan, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, Samudra Hindia Selatan Banten-NTT.

Kemudian, Laut Natuna utara, perairan Kepulauan Anambas, Laut Natuna, Selat Karimata, perairan Kepulauan Karimata, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan dan Tengah, perairan Kotabaru, perairan Kalimantan Timur, perairan selatan Sulawesi utara, perairan Kep. Sitaro, perairan Kepulauan.Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua Barat, perairan selatan Banggai-Sula, perairan Kendari, perairan Baubau-Kepulauan Wakatobi, Laut Flores, Laut Banda, Laut Seram, perairan Pulau Buru-Pulau Ambon-Pulau Seram, perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru.

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m).

Menurut BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close