Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Peringatkan 7 Kabupaten Terkait Potensi Longsor dan Banjir

Jumat, 08 Mei 2020 – 14:53 WIB
BMKG Peringatkan 7 Kabupaten Terkait Potensi Longsor dan Banjir - JPNN.COM
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini ke tujuh kabupaten di Sumatera Selatan, agar mewaspadai hujan lebat dengan durasi yang lama karena dapat menyebabkan longsor dan banjir.

BMKG menyebutkan tujuh kabupaten itu Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Lahat, Muara Enim, Prabumulih dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Pada siang hari, sejumlah daerah kemungkinan berawan dengan potensi hujan sedang – lebat di wilayah Banyuasin, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, OKU Selatan, OKU Timur, Musi Rawas, Ogan Ilir dan OKI; potensi hujan lokal di wilayah OKU, Palembang, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Empat Lawang, Prabumulih dan Lubuk Linggau.

Sedangkan pada malam hari bakal berawan dengan potensi hujan sedang di wilayah Musi Rawas, Muara Enim, PALI, Ogan Ilir, OKI dan Prabumulih; potensi hujan lokal di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Musi Rawas Utara, OKU, OKU Selatan, OKU Timur dan Lahat.

Pada dini hari bakal cerah berawan dan udara kabur/berkabut; potensi hujan lokal di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara dan OKI.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI 23 – 33 °C, kelembaban udara 60 - 98 persen. Sedangkan, suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 – 31 °C, kelembaban udara 65 - 100 persen.

Angin bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 25 km/jam,tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0,5 – 1,5 m, cuaca hujan ringan, angin : Timur – Selatan dengan kecepatan 5 – 35 Km/jam.

Sebelumnya, pada Jumat dini hari, banjir merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan akibat peningkatan debit air sungai setelah diguyur hujan deras sejak Kamis malam.

BMKG memberikan peringatan dini ke tujuh kabupaten agar mewaspadai hujan lebat dengan durasi yang lama yang berpotensi longsor dan banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close