Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Rilis Data Wilayah Pesisir yang Berpotensi Dilanda Banjir

Sabtu, 03 April 2021 – 09:04 WIB
BMKG Rilis Data Wilayah Pesisir yang Berpotensi Dilanda Banjir - JPNN.COM
BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai adanya fenomena banjir pesisir (rob) di sebagai wilayah NTT yang diprediksi terjadi selama 1-3 April 2021. Ilustrasi: Natalia Lauren/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai adanya fenomena banjir pesisir (rob) di sebagai wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diprediksi terjadi selama 1-3 April 2021.

"Banjir pesisir berpotensi terjadi akibat aktivitas pasang surut air laut, kondisi gelombang tinggi dan angin kencang, serta curah hujan tinggi saat ini," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Syaeful Hadi di Kupang, Sabtu (3/4).

Dia memerinci fenomena rob diprediksi terjadi di sebagai wilayah NTT di antaranya pesisir utara Pulau Flores dan Pulau Alor, pesisir utara maupun selatan Pulau Timor dan Pulau Rote.

"Selain itu ancaman rob juga terjadi di pesisir Pulau Sumba serta pesisir Pulau Sabu dan Pulau Raijua," kata Syaeful.

Syaeful juga mengatakan kondisi ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikan darat, serta bongkar muat di pelabuhan.

"Masyarakat di provinsi NTT diimbau berbasiskan kepulauan ini agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi ancaman banjir pesisir," ujar Syaeful.

Syaeful meminta masyarakat untuk mengikuti perkembangan cuaca maritim melalui sumber terpercaya BMKG lewat kanal yang tersedia yakni nomor telepon 03808561910.

Selain itu bisa mengakses informasi melalui website http://peta-maritim.bmkg.go.id/ atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

BMKG mengingatkan masyarakat NTT agar mewaspadai adanya fenomena banjir pesisir (rob) di sebagai wilayah NTT yang diprediksi terjadi selama 1-3 April 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close